Eramuslim

Rabu, 13 Desember 2017

manakah dalil qur'an khilafah islamiyah ? itu yang selalu di tanyakan

ﻓﻘﺪ ﺭﻭﻯ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻌﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺑﺸﻴﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻗﺎﻝ : ﻛﻨﺎ ﺟﻠﻮﺳﺎً ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻓﺠﺎﺀ ﺃﺑﻮ ﺛﻌﻠﺒﺔ ﺍﻟﺨﺸﻨﻲ ﻓﻘﺎﻝ : ﻳﺎ ﺑﺸﻴﺮ ﺑﻦ ﺳﻌﺪ ﺃﺗﺤﻔﻆ ﺣﺪﻳﺚ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻲ ﺍﻷﻣﺮﺍﺀ، ﻓﻘﺎﻝ ﺣﺬﻳﻔﺔ : ﺃﻧﺎ ﺃﺣﻔﻆ ﺧﻄﺒﺘﻪ . ﻓﺠﻠﺲ ﺃﺑﻮ ﺛﻌﻠﺒﺔ . ﻓﻘﺎﻝ ﺣﺬﻳﻔﺔ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺗﻜﻮﻥ ﺍﻟﻨﺒﻮﺓ ﻓﻴﻜﻢ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ، ﺛﻢ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﺷﺎﺀ ﺃﻥ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ، ﺛﻢ ﺗﻜﻮﻥ ﺧﻼﻓﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻬﺎﺝ ﺍﻟﻨﺒﻮﺓ ﻓﺘﻜﻮﻥ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ، ﺛﻢ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﺷﺎﺀ ﺃﻥ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ، ﺛﻢ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻠﻜًﺎ ﻋﺎﺿًﺎ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ، ﺛﻢ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ ﺇﺫﺍ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ، ﺛﻢ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻠﻜًﺎ ﺟﺒﺮﻳﺔ ﻓﺘﻜﻮﻥ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ، ﺛﻢ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﺷﺎﺀ ﺃﻥ ﻳﺮﻓﻌﻬﺎ، ﺛﻢ ﺗﻜﻮﻥ ﺧﻼﻓﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﻨﻬﺎﺝ ﺍﻟﻨﺒﻮﺓ، ﺛﻢ ﺳﻜﺖ .
Saya kasih Artinya.
Adalah masa Kenabian itu ada di tengah-tengah kamu sekalian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Ia menghendaki untuk mengangkatnya. Kemudian adalah masa Khilafah ‘ala minhajin Nubuwwah (Khilafah yang menempuh jejak kenabian ) adanya atas kehendak Allah. Kemudian Allah mengangkatnya (menghentikannya) apabila Ia menghendaki untuk mengangkatnya. Kemudian adalah masa Mulkan ‘Adldlon (Kerajaan yang menggigit), adanya atas kehendak Allah. Kemudian Allah mengangkatnya apabila Ia menghendaki untuk mengangkatnya. Kemudian adalah masa Mulkan Jabbariyah (Kerajaan yang sombong), adanya atas kehendak Allah. Kemudian Allah mengangkatnya, apabila Ia menghendaki untuk mengangkatnya. Kemudian adalah masa Khilafah ‘ala minhajin nubuwwah (Khilafah yang menempuh jejak kenabian).” Kemudian beliau (Nabi) diam. (HR. Ahmad dari Nu’man bin Basyir, Musnad Ahmad : IV/273, Al-Baihaqi, Misykatul Mashobih Hal 461. Lafadz Ahmad ‏)
1 · Suka · Tanggapi · Laporkan ·
Minggu pukul 0:49
Nur S
Wau rupanya tak tidur ya neng..
Mau di lanjutkan?
Dari apa itu khilafah sekarang anda bertanya hukum negara khilafah dari sumber yang muthlaq,muqayyad,dan interpretasi ulil amri khilafah.
Neng,soal penetapan hukum,didalam islam itu ada hukum yg bersifat permanent ada yg temporal ada yang bisa di nego dengan di ganti.
Seumpama sanksi mati saja bisa jadi diyat sampai pada damai.
Hukum kifarat dari memerdekakan budak-puasa dua bulan berturut-memberi makan/kiswah fuqara wa masakin.
Maka ada keringanan ada hukum jera.
Bagaimana nanti keputusan hasil ijtihad ulil amri khilafah bersama ulamanya.
Essential khilafah adalah imamah
Suka · Tanggapi · Sunting · Minggu pukul 7:34
Nur S
Adapun sanksi pencuri,perintah potong tangan itu bisa diterapkan namun ternyata dari dulupun sudah ada taqyid.
Sabda nabi ﻟﻴﺲ ﺑﺨﺎﺋﻦ ﻭﻻ ﻣﺨﺘﻠﻒ ﻭﻻ ﻣﻨﺘﻬﺐ ... ﻗﻄﻊ .
Maksudnya tidaklah mesti di potong tangan orang mencuri karena tak sampai kadar sanksi potong tangan,bukan pula penipu pengkhianat dalam bisnis,tidak pula ghuluw atau orang yg mengambil harta negara (ghanimah/gai,dsb) termasuk korupsi.
Dalam penerapan hukum uqubah,islam sebagaimana saya sebutkan sebelumnya yaitu luwes.
Khilafah adalah menyatukan negri2 islam dibawah satu kepemimpinan agar tak lemah dan dibuat mainan.
Itu prinsip dan urgensinya.
Yang anda tanyakan baru tentang masalah sanksi/uqubat.
Bagaimana dengan hukum2 islam yg lainya yang begitu adil dan indah di bandingkan hukum liberal ?
Saya tidak kopas tulisan orang yha!
Silahkan mampir di blog saya kalau mau.
Belajarlah terus
Suka · Tanggapi · Sunting · Minggu pukul 8:57
Gita Wulan
Jadi menurut anda dasar khilafah itu dari quran dan hadis atau dari sejarah ?
Seluwes luwesnya hukum islam tetap saja kan berpedoman trhdp Quran dan Hadis. Sementara Quran dan hadis tdk mampu menjawab persoalan zaman sprti skrg ini. Semisal hukum berkendara. Hukum bermedsos. Dan polemik kehidupan yg skrg.
Back. Kt kmbali pd persoalan . Dasar Khilafah sbg sistem negara itu dasarnya darimana?
Suka · Tanggapi · Laporkan · Kemarin pukul 19:56
Nur S
﴿ ﻭَﻋَﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺁﻣَﻨُﻮﺍ ﻣِﻨْﻜُﻢْ ﻭَﻋَﻤِﻠُﻮﺍ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤَﺎﺕِ ﻟَﻴَﺴْﺘَﺨْﻠِﻔَﻦ
ْﻢُﻫَّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺽِ ﻛَﻤَﺎ ﺍﺳْﺘَﺨْﻠَﻒَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻬِﻢْ ﻭَﻟَﻴُﻤَﻜِّﻨَﻦَّ ﻟَﻬُﻢْ ﺩِﻳﻨَﻬُﻢُ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺍﺭْﺗَﻀَﻰ ﻟَﻬُﻢْ ﻭَﻟَﻴُﺒَﺪِّﻟَﻦّْﻢُﻫَ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِ ﺧَﻮْﻓِﻬِﻢْ ﺃَﻣْﻨًﺎ ﻳَﻌْﺒُﺪُﻭﻧَﻨِﻲ ﻟَﺎ ﻳُﺸْﺮِﻛُﻮﻥَ ﺑِﻲ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﴾ ‏[ ﺍﻟﻨﻮﺭ : 55 Janji Allah pada orang beriman dan beramal shalih adalah Allah menjadikan khalifah di bumi seperti ALLAH jadikan kekhalifahan pada orang2 sebelum mereka. Itu satu dalil wajib khilafah. Wajib itu ada kalanya kalimat yang digunakan adalah fi'il amar (perintah),fi'i
l mudhari dimasuki LAM contoh ﻓﻠﻴﻌﻤﻞ ﺻﺎﻟﺤﺎ / ﻭﺍﻟﻴﺘﻖ ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺑﻪ . Jadi Anda mengatakan Al-qur'an tak kompatibel atau tak relevan untuk zaman ini. Padahal sudah saya katakan diatas bahwa hukum al-quran seputar uqubat/sanksi jinayat,qishas,had,kafarat,itu bisa di ganti. tidak muthlaq/temporal/non absolute/,dan bersifat negosiasi. Karena ketidakpahaman anda pada universalnya islam lalu anda menyebut islam sudah kuno atau god is no more (tuhan tak perlu ada dalam urusan negara) !!? Hanya ketakutan anda pada hukum sanksi kriminal yang tidak anda faham padanya. Dari situ anda sudah mulai kaccau dan out dari essential apa itu AL-KHILAFAH. Islam bicara adab,kebersihan ,pendidikan,men
tal,karakter,keadilan,hub sosial,mengelol
a harta negara seperti ghanimah,fai,ha
sil tambang,air,api,emas,minyak bumi,toleransi beragama,dst. Anda belum ngerti ilmunya. Tapi anda membuat stigma buruk atau berprasangka jelek pada islam atas hukum sanksi yang belum anda tahu memahaminya. Melanjutkan kata pak mahfud md yg menyebut bahwa jokowi itu khalifah, saya tanya,mana dasar dalilnya?! Setiap pemimpin itu khalifah,kata dia ? Hah.. Diatas saya sebut bahwa pemimpin itu di bahasakan banyak namun pengertiannya berbeda. Khusus untuk khalifah adalah pemimpin yang melanjutkan kepemimpinan rasulullah dengan konstitusi dasar wahyu ilahi dan ijtihad.di sebut khalifah karena bentuk negaranya bukan nation state (negara bangsa) tapi karena satu kepemimpinan pusat. Adapun pimpinan wilayah2nya disebut wali khilafah bahasa lain yg familiar adalah walkot/
gubernur. President dalam bahasa umum arab bisa di sebut raisul balad atau za'im. Perdana menteri disebut wazir. BUKAN KHALIFAH. banyak kesalahpahaman anda karena ikut orang yang salah seperti pak mahfud md/abu janda cs. Dalil lagi . ﻭﺍﻋﺘﺼﻤﻮﺍ ﺑﺤﺒﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺟﻤﻴﻌﺎ ﻭﻻ ﺗﻔﺮﻗﻮﺍ .... " Berpegang teguhlah dengan tali agama Allah dan jangan terpecah pecah" Ayat ini menekankan muslimin untuk bersatu dalam islam menggunakan fi'il amar,terlarang bercerai berai menggunakan kalimat nahi. Implementasi ayat ini adalah sahabat muhajirin dan anshor bersatu,suku aus dan khazraj bersatu,seluruh wilayah yg di taklukkan pasukan islam bersatu dalm kepemimpinan. Tidak terberai karena lain bangsa atau lain bahasa atau lain budaya. Begitulah bagian dari cara beristinbah menetapkan suatu hukum .


"Allah berjanji kepada orang2 mu'min dari kalian dan kepada orang2 yang berbuat baik bahwa Dia akan menjadikan mereka khalifah di bumi sebagaimana Allah menjadikan khalifah orang2 sebelum mereka,dan Dia meneguhkan agama bagi mereka yang mereka ridhai dan Dia menggantikan keamanan setelah rasa takut mereka,mereka menyembahku tidak menyekutukanku dengan sesuatupun, siapa yang kafir setelah itu maka mereka itulah orang fasiq"
(Q.S.AN-NUR 55).

Prinsip di tekankan taat kepada imam dalam negara imamah atau taat kepada khalifah dalam bentuk negara khilafah adalah agar terhindar dari kelemahan apabila terjadi perceraian beraian. Artinya khilafah itu prinsip mempertahankan jama'ah muslimin dibawah satu kepemimpinan.
Adapun regulasi sosial kebijakan hukum perdata pidana perekonomian regulasi usaha,mengelola harta negara dsb. Islam telah mengajarkan dengan sistem sebaik2nya.seperti tentang syirkah/medharabah/tayliyyah/murabahah/dst...

Namun apabila  terjadi paceklik/ke tidak adilan/defisit negara/dsb. Maka ditekankan rakyat bersabar tanpa melakukan pemberontakan sampai memisahkan diri dari pusat imamah/khilafah.
Pertanyaan anda ini sudah saya jawab dg dasar hadits di kolom komentar saya dg wulan.
خيار أئمتكم الذين تحبونهم ويحبونكم وشرار ائمتكم الذين تبغضونهم ويبغضونكم....
Kepincangan sosial dan kezhaliman pimpinan itu mungkin saja terjadi,kesalahannya pun bisa terjadi.
Tapi khilafah tetap di pertahankan agar islam tidak semakin lemah apabila terpecah menjadi negri2 atau kelompok2 kecil karena musuh itu kuat.
ITU prinsip utama khilafah itu mas,bukan kami mau sombong dan sesumbar khilafah pasti tidak akan ada kepincangan sosial.

Saya memaklum indonesia ini pincang tapi sayangnya pincangnya malah di sengaja.
Yang kami serukan adalah bagaimana kalau indonesia dan negri2 islam lainya itu membangun kekuatan bersama negri2 islam,tidak menjadi budak bagi amerika china inggris australia uni eropa.

Akibat perpecahan itulah maka negri2 islam jadi negri boneka bagi negri besar yang kafir.
Khilafah=jama'ah.

NKRI dapat dipertahankan karena kuat dengan menjadi bagian negara khilafah.
Tuduhan khilafah mengancam keutuhan NKRI itu gagal fokus.
Kamipun tidak punya metode memberontak negara seperti militansi jamaah islamiyah tetapi metode yang HT Tempuh adalah thalabun nushroh (pendekatan dan dakwah ideologis ke ummat dan lembaga2 negara) krena HT fham pemberontakan angkat senjata itu akan menimbulkan madhaarat dn citra jelek.
Suka · Tanggapi · Sunting · Kemarin pukul 22:50
Nur S
sekali lagi bahwa dasar islam itu kitab suci sunnah sebagai implementasi dan tambahan ijma qiyas yg merupakan ijtihad atau interpretasi ayat dan hadits. dasar hukum islam tak cuma qur'an tapi ada ijtihad. faham g siii! !! Ayat di gunakan dengan muthlaq apabila ia muhkamat. Ayat di ijtihadi ulama apabila ia mutasyabihat. dan Jika perkara baru itu tak di temui dalil khusus mk ulil amri menetapkan hukum sendiri dg sebijak-bijaknya.
Suka · Tanggapi · Sunting · Kemarin pukul 22:58
Redhi Ferdiansyah
mungkin Gita Wulan kurang minum aqua jd nanya nya balik lagi balik lagi Salah. 

Nur s
Dasar Ayat Al-Qur'an :
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

55 النّور
*أضغط هنا لعرض كامل السورة

تفسير بن كثير

هذا وعد من اللّه تعالى لرسوله صلوات اللّه وسلامه عليه بأنه سيجعل أمته خلفاء الأرض، أي أئمة الناس والولاة عليهم، وبهم تصلح البلاد، وتخضع لهم العباد، وليبدلنهم من بعد خوفهم من الناس أمناً وحكماً فيهم، وقد فعله تبارك وتعالى وله الحمد والمنة، فإنه صلى اللّه عليه وسلم لم يمت حتى فتح اللّه عليه مكة وخيبر والبحرين وسائر جزيرة العرب وأرض اليمن بكمالها، وأخذ الجزية من مجوس هجر، ومن بعض أطراف الشام، وهاداه هرقل ملك الروم وصاحب مصر المقوقس، وملوك عمان، والنجاشي ملك الحبشة، ثم قام بالأمر بعده خليفته أبو بكر الصديق، فبعث جيوش الإسلام إلى بلاد فارس صحبة خالد بن الوليد رضي اللّه عنه، ففتحوا طرفاً منها، وقتلوا خلقاً من أهلها، وجيشاً آخر صحبه أبو عبيدة رضي اللّه عنه إلى أرض الشام، وثالثاً صحبه عمرو بن العاص رضي اللّه عنه إلى بلاد مصر، ففتح اللّه للجيش الشامي في أيامه بصرى ودمشق، وتوفاه اللّه عزَّ وجلَّ واختار له ما عنده من الكرامة، ومنَّ على أهل الإسلام بأن ألهم الصديق أن يستخلف عمر الفاروق، فقام بالأمر بعده قياماً تاماً لم يدر الفلك بعد الأنبياء على مثله في قوة سيرته وكمال عدله؛ وتم في أيامه فتح البلاد الشامية بكمالها وديار مصر إلى آخرها وأكثر إقليم فارس، وكسر كسرى، وأهانه غاية الهوان، وكسر قيصر وانتزع يده عن بلاد الشام وانحدر إلى القسطنطينية، وأنفق أموالهما في سبيل اللّه، كما أخبر بذلك ووعد به رسول اللّه عليه من ربه أتم سلام وأزكى صلاة. ثم لما كانت الدولة العثمانية امتدت الممالك الإسلامية إلى أقصى مشارق الأرض ومغاربها، ففتحت بلاد المغرب إلى أقصى ما هنالك الأندلس وقبرص، وبلاد القيروان وبلاد سبتة مما يلي البحر المحيط، ومن ناحية المشرق إلى أقصى بلاد الصين، وقتل كسرى، وباد ملكه بالكلية، وفتحت مدائن العراق وخراسان والأهواز، وقتل المسلمون من الترك مقتلة عظيمة جداً، وخذل اللّه ملكهم الأعظم خاقان، وجبي الخراج من المشارق والمغارب إلى حضرة أمير المؤمنين عثمان بن عفان رضي اللّه عنه، وذلك ببركة تلاوته ودراسته وجمعه الأمة على حفظ القرآن؛ .

 Ust.Abd somad :
Sholat berjamaah itu dihukum wajib bagi lelaki karena ada ancaman dari rasulullah untuk lelaki yang tidak shalat berjamaah.

Cocok dong dengan mendakwahkan agar ummat islam berjama'ah dalam satu kepemimpinan di masa ini karena terpecah belahnya ummat.
Mendakwahkan yang wajib itu wajib.
Ancaman bagi orang atau kelompok yang ingin memecah belah kepemimpinan itu datang dari rasulullah.
Authentic nya adalah khilafah/imamah islamiyah fii jamii'iddunya.
من
أتاكم وأمركم جميع على رجل واحد يريد أن يفرق جماعتكم فاقتلوه))، وقوله صلى الله عليه وسلم: ((من رأى من أميره شيئاً من معصية الله فليكره ما يأتي من معصية الله ولا ينزعن يداً من طاعة))، وقوله صلى الله عليه وسلم: ((من خرج عن الطاعة وفارق الجماعة ومات فميتته ميتة جاهلية))، والأحاديث في هذا المعنى كثيرة. فوصيتي لجميع المجاهدين تقوى الله عز وجل، وحل المشاكل بالتفاهم والوسائل السليمة، مع وجوب المبادرة بترك القتال، والتحاكم إلى الشرع المطهر فيما أشكل على الجميع بواسطة أهل العلم والبصيرة.

والله المسئول أن يوفق الجميع لما يرضيه، وأن يجمع قلوبهم على التقوى، وأن يحسن العاقبة للجميع، وأن يعيذهم جميعاً من طاعة الشيطان وطاعة الهوى، إنه جواد كريم، وصلى الله وسلم على نبينا محمد، وآله وصحبه.
"Siapa datang kepadamu padahal seluruh urusanmu ditangan seseorang  (imam/khalifah) yang ia bermaksud memecah jama'ahmu maka bunuhlah ia".
"Siapa menyaksikan kemaksiatan pemimpinnya maka bencilah kemaksiatanya dan jangan melepaskan tangan ketaatan".

Adapun pemerintahan dan negara kaum muslim yang telah bertafarruq itu memberi arti bahwa bentuk nations state inilah yg terlarang karena di mulai dari gerakan2 separatisme atau pemisahan sampai terjadi perpecahan ummat islam.
Namun untuk mendakwahkan persatuan/kesatuan maka wajib dengan da'wah nasihat ta'lim tarbiyyah tanpa menciptakan aksi madharat.
Ini sudah di lakukan HT.
maka jika HT di tuduh sebagai gerakan ekstrimis dan terorisme maka tidak dapat di buktikan.
Metode yang digunakan HT adalah tadi saya sebutkan yaitu pendekatan tarbiyah ta'lim dan thalabun nushrah. Bukan irhabi (teror).
Ini masih saya pegang.

Tentang Palestina.
Palestina dahulu berada didalam wilayah khilafah islamiyah. Tidak ada negara israel disana.
Ketika khilafah utsmaniyyah di bubarkan maka kesempatan bagi eropa musuh2 khilafah islam untuk menghancurkan negri2 islam yg dulunya kesatuan. Negri2 islam itu bagaikan wayang yg dipermainkan. Palestina di rebut inggris lalu di berikan kepada gerakan zion yahudi yg terlunta-lunta.
Sementara bangsa palestina yang telah lama duduk disana sampai hari ini masih bingung dengan statusnya.
Disunting · Suka · Tanggapi · Sunting · Kemarin pukul 9:10
Gita Wulan
Eaahhh... Knp kok khilafah utsmaniyah dibubarkan? Bangkrut ya?

Nur s
Huuuu...
Beberapa kali khilafah di serang,roboh lalu bangkit lagi,bangkit lagi. Itulah zaman2 kejayaan.
Khilafah abbasiyah di serang pasukan mongol lalu bangkit lagi utsmani.
Utsmani mengalami kekacauan eksternal dan internal.
Bersamaan perang dunia ada kelompok2 internal yg bernafsu membubarkan daulah khilafah utsmaniyyah. Terkenallah mustafa kemal attaturk yg sangat sekular.
Dari arah dir'iyyah ada bani saud yg dapat bantuan persenjataan inggris merebut wilayah hijaz madinah n sekitarnya.
Dari mesir pun tak ketinggalan.
Itu akibat seperti yg disebutkan nabi yaitu tidak taat amir/imamahnya dan tidak sabar. Kini dunia islam terombang ambing. Palestina direbut.

Tidak ada komentar:

info salamtime

SIAPAKAH AHLUS-SUNNAH WAL-JAMA'AH ?

Benarkah AHLUS-SUNNAH WAL-JAMA'AH itu asy'ariyyah?  Saya akan jawab persoalan yang terus menipu orang online maupun orang offline...