Eramuslim

Sabtu, 21 Juli 2018

Hukum bagi muslim yang meninggalkan shalat fardhu dan shalat jum'at

Nur s:

تكفير العلماء على الشخص من تكفير الرسول
[PENGKAFIRANYA ULAMA ATAS SESEORANG ITU BERDASARKAN PENGKAFIRANYA RASUL]
فقد اتفق العلماء على كفر من ترك الصلاة جحودا لها.
Ulama sepakat atas kufurnya orang yang benar-benar rela dan senang meninggalkan shalat.
واختلفوا فيمن أقر بوجوبها ثم تركها تكاسلا. فذهب أبو حنيفة رحمه الله إلى أنه لا يكفر، وأنه يحبس حتى يصلي. وذهب مالك والشافعي رحمهما الله إلى أنه لا يكفر ولكن يقتل حدا ما لم يصل. والمشهور من مذهب الإمام أحمد رحمه الله أنه يكفر ويقتل ردة،
Ulama berbeda pendapat pada orang yang mengakui kewajiban shalat namun ia meninggalkanya karena malasm.
Abu hanifah : "ia tidak kufur,tapi ia kena tindakan preventif sampai mau shalat"
Malik dan syafi'i : "ia tidak kufur tapi ia di bunuh sebagai had"
Ahmad bin hanbal yang masyhur : "ia kufur dan di bunuh sebab di hukumi telah murtad".

Dasar hadits:
"Siapa meninggalkan shalat dengan sengaja maka ia terbebas dari tanggungan Allah dan rasulnya"
وما رواه أحمد من حديث أم أيمن مرفوعا" من ترك الصلاة متعمداً برئت منه ذمة الله ورسوله" وروى الترمذي عن عبد الله بن شقيق قال: كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يرون شيئا من الأعمال تركه كفر إلا الصلاة.
"Sahabat rasulullah,
Mereka tidak melihat sesuatupun dari perbuatan yang seseorang meninggalkannya menjadi kafir kecuali shalat".

وقال الإمام ابن حزم : روينا عن عمر بن الخطاب - رضي الله عنه - ومعاذ بن جبل ، وابن ‏مسعود ، وجماعة من الصحابة ‏‎-‎‏ رضي الله عنهم ‏‎-‎‏ وعن ابن المبارك ، وأحمد بن حنبل ، ‏وإسحاق بن راهويه رحمة الله عليهم ، وعن تمام سبعة عشر رجلاً من الصحابة ، والتابعين ‏رضي الله عنهم ، أن من ترك صلاة فرض عامداً ذاكراً حتى يخرج وقتها ، فإنه كافر ‏ومرتد ، وبهذا يقول عبد الله بن الماجشون صاحب مالك
Ibnu hazm :
"Saya ceritakan dari umar bin khatab ra. Dan mu'adz bin jabal,ibnu mas'ud dan sekumpulan dari sahabat r.anhum. dan dari ibnul mubarak,ahmad bin hanbal,ishaq bin rahawiyah dan 17 orang sahabat dan tabi'in,mereka semua berkata : "Siapa meninggalkan shalat fardhu dengan sengaja dan ingat sampai keluar waktunya maka sesungguhnya ia itu kafir dan murtad". Demikian juga di katakan oleh abdullah bin majisyun yang bermadzhab miliki".

[Hukum meninggalkan shalat jum'at]

وروى ابن ماجه (1126) عن جابر بن عبد الله رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلَاثًا مِنْ غَيْرِ ضَرُورَةٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ ) ، وحسنه الشيخ الألباني في " صحيح ابن ماجه " Ibnu majah dari jabir bin abdullah r.a:
Rasulullah bersabda : "Siapa meninggalkan shalat jum'at  tiga kali tanpa darurat maka Allah telah mengunci hatinya" 
Di shahihkan oleh syekh Al-Albani.

قال المناوي رحمه الله : " ( طبع الله على قلبه ) أي : ختم عليه وغشاه ومنعه ألطافه ، وجعل فيه الجهل والجفاء والقسوة ، أو صير قلبه قلب منافق " انتهى من "فيض القدير" ( 6 / 133).

وقد جاء في بعض الروايات تقييد هذا الترك بالتوالي ، ففي مسند الطيالسي عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( من ترك ثلاث جمع متواليات من غير عذر طبع الله على قلبه ) ، وفي حديث آخر ( من ترك الجمعة ثلاث مرات متواليات من غير ضرورة طبع الله على قلبه ) ، وصححه الشيخ الألباني في " صحيح الجامع " .
Sebagian riwayat mentaqyid "meninggalkan" dengan "berturut-turut".
Didalam musnad Ath-thayalisi dari abi hurairah ra. Rasulullah : "Siapa meninggalkan tiga jum'at tiga kali berturut-turut tanpa darurat maka Allah telah mengunci/mengeraskan hatinya/menjadikannya munafik"

Dari: islamweb.net dan islamqa.info

Tidak ada komentar:

info salamtime

SIAPAKAH AHLUS-SUNNAH WAL-JAMA'AH ?

Benarkah AHLUS-SUNNAH WAL-JAMA'AH itu asy'ariyyah?  Saya akan jawab persoalan yang terus menipu orang online maupun orang offline...