Nur S
Kalau yang beda non NU ya wahabi sesat. Kalau yang beda sesama NU ya baik-baik saja. Itu sudah karakter.
Ngaku asya'irah tapi asal ngaku tapi tidak tahu luas pendapat asy'ari. Terkadang asy'ari sependapat dengan bapaknya tirinya yang muktazilah ya harus dibenarkan tanpa harus bilang asy'ari masih muktazilah.
Dalil rububiyyah dan uluhiyyah itu ada mas, banyak.
Ini kan pembahasan balaghah , manthiq falsafah.
Makannya ranah ini masuk dalam Filosofi kalam theological.
Biasanya NU itu jago dalil gotak gatik. Kok sampeyan balik haluan seolah rububiyyah wa uluhiyyah ini tidak berdalil.
Iki piye...
1 jam yang lalu · SukaLainnya
Musyafak Ali
minta dalilnya nabi membagi tauhid menjadi 3. Dan gitu aja!
1 jam yang lalu · SukaLainnya
Nur S
Saya minta dalil tahlil 40/100/1tahun.
Yang pernah diklaim sunnah nabi.
Ini kan githak gathuk.
Tauhid rububiyyah dan uluhiyyah ini bukan tauhid wahabi tapi demi membentengi kemurnian islam daripada model ketuhanan kaum diluar islam.
معنى توحيد الربوبية والألوهية:
توحيد الربوبية: هو توحيد الرب بأسمائه وصفاته وأفعاله.
وتوحيد الألوهية: هو توحيد الله بأفعال العباد كالصلاة والدعاء.
والربوبية والألوهية لهما إطلاقان:
تارة يذكر أحدهما مفرداً عن الآخر، فيكون معناهما واحداً، كما قال سبحانه: {قُلْ أَغَيْرَ اللَّهِ أَبْغِي رَبًّا وَهُوَ رَبُّ كُلِّ شَيْءٍ} [الأنعام: 164].
وتارة يذكران معاً، فيفترقان في المعنى.
فيكون معنى الرب الخالق المالك، الذي بيده الخلق والأمر كله.
ويكون معنى الإله المعبود المستحق للعبادة وحده دون سواه، كما قال سبحانه: {قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ [1] مَلِكِ النَّاسِ [2] إِلَهِ النَّاسِ [3] مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ [4] الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ [5] مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ [6]} [الناس:1- 6
Kalau yang beda non NU ya wahabi sesat. Kalau yang beda sesama NU ya baik-baik saja. Itu sudah karakter.
Ngaku asya'irah tapi asal ngaku tapi tidak tahu luas pendapat asy'ari. Terkadang asy'ari sependapat dengan bapaknya tirinya yang muktazilah ya harus dibenarkan tanpa harus bilang asy'ari masih muktazilah.
Dalil rububiyyah dan uluhiyyah itu ada mas, banyak.
Ini kan pembahasan balaghah , manthiq falsafah.
Makannya ranah ini masuk dalam Filosofi kalam theological.
Biasanya NU itu jago dalil gotak gatik. Kok sampeyan balik haluan seolah rububiyyah wa uluhiyyah ini tidak berdalil.
Iki piye...
1 jam yang lalu · SukaLainnya
Musyafak Ali
minta dalilnya nabi membagi tauhid menjadi 3. Dan gitu aja!
1 jam yang lalu · SukaLainnya
Nur S
Saya minta dalil tahlil 40/100/1tahun.
Yang pernah diklaim sunnah nabi.
Ini kan githak gathuk.
Tauhid rububiyyah dan uluhiyyah ini bukan tauhid wahabi tapi demi membentengi kemurnian islam daripada model ketuhanan kaum diluar islam.
معنى توحيد الربوبية والألوهية:
توحيد الربوبية: هو توحيد الرب بأسمائه وصفاته وأفعاله.
وتوحيد الألوهية: هو توحيد الله بأفعال العباد كالصلاة والدعاء.
والربوبية والألوهية لهما إطلاقان:
تارة يذكر أحدهما مفرداً عن الآخر، فيكون معناهما واحداً، كما قال سبحانه: {قُلْ أَغَيْرَ اللَّهِ أَبْغِي رَبًّا وَهُوَ رَبُّ كُلِّ شَيْءٍ} [الأنعام: 164].
وتارة يذكران معاً، فيفترقان في المعنى.
فيكون معنى الرب الخالق المالك، الذي بيده الخلق والأمر كله.
ويكون معنى الإله المعبود المستحق للعبادة وحده دون سواه، كما قال سبحانه: {قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ [1] مَلِكِ النَّاسِ [2] إِلَهِ النَّاسِ [3] مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ [4] الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ [5] مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ [6]} [الناس:1- 6
Muhammad Afdhol El-Wasathi
Bismillaahi.
Aswaja pun menemukan istilah
"al-rububbiyyah,al-uluuhiyyah, Wal-ShifaatuHuu"
Bahkan istilah ini sudah dikenal sebelum lahirnya ibnul wahhab dan ibnu taimiyyah.
Hanya saja pembagiaannya nanti muncul pada zaman ibn taimiyyah.
Jadi menurut hamat kami itu hal yang biasa jika bertujuan untuk lebih cepat memahamkan kpd ummat.
(Tariiqatul bayaani)
Aswaja pun menemukan istilah
"al-rububbiyyah
Bahkan istilah ini sudah dikenal sebelum lahirnya ibnul wahhab dan ibnu taimiyyah.
Hanya saja pembagiaannya nanti muncul pada zaman ibn taimiyyah.
Jadi menurut hamat kami itu hal yang biasa jika bertujuan untuk lebih cepat memahamkan kpd ummat.
(Tariiqatul bayaani)
Nur S
Rububiyyah
-mengEsakan Allah dengan nama2nya sifat2nya dan af'alnya.
Uluhiyyah
-mengEsakan Allah dengan mengerjakan aktivitas penghambaan seperti melakukan shalat dan berharap (do'a).
Terkadang satu dari keduanya diucapkan sendirian maka jika begitu ia berarti satu.contoh ayat 164 dari surat Al-an'am "ada dua kalimat RABB yang bermakna satu yaitu TUHAN (rububiyyah).katakanlah ! Maka apakah pada selain Allah saya mencari tuhan padahal Ia adalah tuhan segala sesuatu".
Terkadang keduanya di ungkapkan,contoh pada surat An-Naas.
Ayat pertama RABB digunakan bermakna rububiyyah manusia.
Ayat ketiga tauhid asma Allah ملك الناس Tuhan yang merajai manusia.
Ayat ketiga adalah ulihiyyah Tuhan إله الناس Tuhan manusia Tuhan yang disembah diharapkan diserahi segala urusan.
-mengEsakan Allah dengan nama2nya sifat2nya dan af'alnya.
Uluhiyyah
-mengEsakan Allah dengan mengerjakan aktivitas penghambaan seperti melakukan shalat dan berharap (do'a).
Terkadang satu dari keduanya diucapkan sendirian maka jika begitu ia berarti satu.contoh ayat 164 dari surat Al-an'am "ada dua kalimat RABB yang bermakna satu yaitu TUHAN (rububiyyah).ka
Terkadang keduanya di ungkapkan,conto
Ayat pertama RABB digunakan bermakna rububiyyah manusia.
Ayat ketiga tauhid asma Allah ملك الناس Tuhan yang merajai manusia.
Ayat ketiga adalah ulihiyyah Tuhan إله الناس Tuhan manusia Tuhan yang disembah diharapkan diserahi segala urusan.
Nur S
Ulama sunni dengan nisbat apapun itu islam,mereka mengakui trilogi tauhid.
Imam besar fpi habib rizieq saja mengakui trilogi tauhid yang tetap satu.
Didalam aqidatul awam juga gamblang disebutkan asma wa sifat TUHAN,keEsaan dan sesembahan makhluk.
Namun saya perhatikan diantara kedua belah pihak yang bertikai masalah filosofi teologis ini sering salah prasangka kecilnya.
Si sarkub menolak mentah2 trilogi ini jelas keliru menurut salah satu imam aswaja fpi itu.
Sedangkan si salafi di anggap salah karena menyatakan kaum musyrik itu BERTAUHID rububiyyah.
Silahkan dikembangkan lagi kritik habib rizieq itu.
Bisa anda tonton di yuotube dg mencoba ketik keyword "trilogi tauhid habib rizieq".
Imam besar fpi habib rizieq saja mengakui trilogi tauhid yang tetap satu.
Didalam aqidatul awam juga gamblang disebutkan asma wa sifat TUHAN,keEsaan dan sesembahan makhluk.
Namun saya perhatikan diantara kedua belah pihak yang bertikai masalah filosofi teologis ini sering salah prasangka kecilnya.
Si sarkub menolak mentah2 trilogi ini jelas keliru menurut salah satu imam aswaja fpi itu.
Sedangkan si salafi di anggap salah karena menyatakan kaum musyrik itu BERTAUHID rububiyyah.
Silahkan dikembangkan lagi kritik habib rizieq itu.
Bisa anda tonton di yuotube dg mencoba ketik keyword "trilogi tauhid habib rizieq".
Maqbul
Muhammad Afdhol El-Wasathi# saya hanya butuh kitabnya, mau membaca trilogi tauhid ibn taimiyah.
Nur S
Ya,menurut sebagian Nahdliyin,habib rizieq ini sama saja dg wahabi karena alasan ia membenarkan trilogi tauhid. Trilogi tauhid bagi mereka sudah final tertolak, Padahal semua sunni membenarkannya.
Kita harus jeli teliti betul.
Manakah yang bathil fasad dan sahih.
Muslim yg mudah terprovokasi itu dominan.
Kita sulit menemui referensi yang gamblang dari golongan salafiyun tentang pembagian tauhid ini,maka yg kita perlukan adalah mengumpulkan bukti2 yang berserak, falsafah teologi ini diterima atau tindak.
Itu yg bisa kita lakukan
Kita harus jeli teliti betul.
Manakah yang bathil fasad dan sahih.
Muslim yg mudah terprovokasi itu dominan.
Kita sulit menemui referensi yang gamblang dari golongan salafiyun tentang pembagian tauhid ini,maka yg kita perlukan adalah mengumpulkan bukti2 yang berserak, falsafah teologi ini diterima atau tindak.
Itu yg bisa kita lakukan
Nur S
habib rizieq shihab dia menerima rububiyyah uluhiyyah asma wa sifat Allah. Yakni dia kesepahaman dengan ibn taimiyyah malah ia menyebutkan bagus pada faham trilogi tauhid itu.
Namun ia hanya tidak setuju qaum musyrik dinyatakan memiliki tauhid walau hanya rububiyyah karena jelas perbuatan syirik berlawanan dengan tauhid.
Qultu:
Pertama. Jika begitu sarkub NU telah keliru karena telah menolak mutlak trilogi tauhid,sarkub rupanya tidak sedang membantah wahabi tapi membantah imam besar fpi yang bersaudara dekat dengannya.
Kedua. HRS menyatakan musyrik kepada qaum quraish yang meminta pertolongan kepada ashnam/patung walau dengan dalih ruh ashnam itu hanya sebagai jalan pengantar taqarrub kepada Allah saja
ما نعبدهم إلا ليقربونا إلى الله زلفى.
Mafhum muwafaqahna,muslim yang menyerupai perbuatan musyrik itu juga syirik,من تشبه بقوم فهو منهم siapa yang menyerupai suatu kaum maka ia dihukumi sama seperti kaum itu.
Pertanyaanya,muslim yang meminta-minta bantuan kepada arwah atau jin itu bolehkah disebut sebagai qaum musyrik tanpa menyebut dia muslim lagi walau zhahirnya islami dia membangun mushalla kadang mengadakan dzikir islami dirumahnya, menitipkan anaknya di pesantren,dan dia mengakui diri seorang muslim,dst??
Jika tidak bisa disebut muslim lagi apakah berarti dia telah musyrik kabir yang mengeluarkan dirinya dari islam dan gugur kewajiban2 muslim lain dalam melayaninya secara islam dan tidak sah segala ibadahnya.
Atau ia separuh bertauhid dan separuh syirik? Loh kok bisa,bukankah kata HRS syirik ya syirik tidak bisa separuh syirik dan separuh bertauhid.
Ketiga.HRS & sarkub NU benar-benar tidak sudi kalau kaum yahudi,nasrani dan musyrikun itu mengakui bertuhan yang satu tapi sebagian sarkub NU mengakui mereka adalah saudara seagama samawi,sama-sama punya iman kepada Allah tuhan sang khaliq yang esa hanya lain jalan,lain nabi dan lain syariatnya. Orangnya NU ini super aneh karena inkonsisten.
Ini menunjukkan kalau mereka itu disebut musyrik ulihiyyah karena sikap kultus mereka pada makhluq baik makhluq hidup atau mati,tapi tidak musyrik pada rububiyyahnya karena mereka masih ada iman kepada satu tuhan sang khaliq pemilik kerajaan surga.
Kalau saja yahudi nasrani shabiin jahiliyah itu tidak menyekutukan Tuhan dalam hal uluhiyyahNya asma dan sifatNya maka mereka tidak disebut kaum musyrik karena rububiyyahnya sudah bertauhid.
Dan lagi-lagi ketauhidan ahlul kitab dan shabiin secara rububiyyah ini juga diakui NU pluralis/liberalis.
Mengapa wahabi yang selalu di labrak..!!
Namun ia hanya tidak setuju qaum musyrik dinyatakan memiliki tauhid walau hanya rububiyyah karena jelas perbuatan syirik berlawanan dengan tauhid.
Qultu:
Pertama. Jika begitu sarkub NU telah keliru karena telah menolak mutlak trilogi tauhid,sarkub rupanya tidak sedang membantah wahabi tapi membantah imam besar fpi yang bersaudara dekat dengannya.
Kedua. HRS menyatakan musyrik kepada qaum quraish yang meminta pertolongan kepada ashnam/patung walau dengan dalih ruh ashnam itu hanya sebagai jalan pengantar taqarrub kepada Allah saja
ما نعبدهم إلا ليقربونا إلى الله زلفى.
Mafhum muwafaqahna,mus
Pertanyaanya,mu
Jika tidak bisa disebut muslim lagi apakah berarti dia telah musyrik kabir yang mengeluarkan dirinya dari islam dan gugur kewajiban2 muslim lain dalam melayaninya secara islam dan tidak sah segala ibadahnya.
Atau ia separuh bertauhid dan separuh syirik? Loh kok bisa,bukankah kata HRS syirik ya syirik tidak bisa separuh syirik dan separuh bertauhid.
Ketiga.HRS & sarkub NU benar-benar tidak sudi kalau kaum yahudi,nasrani dan musyrikun itu mengakui bertuhan yang satu tapi sebagian sarkub NU mengakui mereka adalah saudara seagama samawi,sama-sam
Ini menunjukkan kalau mereka itu disebut musyrik ulihiyyah karena sikap kultus mereka pada makhluq baik makhluq hidup atau mati,tapi tidak musyrik pada rububiyyahnya karena mereka masih ada iman kepada satu tuhan sang khaliq pemilik kerajaan surga.
Kalau saja yahudi nasrani shabiin jahiliyah itu tidak menyekutukan Tuhan dalam hal uluhiyyahNya asma dan sifatNya maka mereka tidak disebut kaum musyrik karena rububiyyahnya sudah bertauhid.
Dan lagi-lagi ketauhidan ahlul kitab dan shabiin secara rububiyyah ini juga diakui NU pluralis/
Mengapa wahabi yang selalu di labrak..!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar