Eramuslim

Sabtu, 20 Januari 2018

Wajib mengimani Allah di langit dan istiwa di 'arsy tanpa menggambarkan

Nur S
Yang mengartikan ISTAWA itu bersemayam diatas 'ARSY adalah ulama dahulu sampai sekarang. Tapi akhir-akhir ini muncul generasi nahdliyyin sebagainya menuduh tiap orang yang berbeda pendapat dengannya adalah sebagai golongan wahhabi.
Cek terjemahan al-qur'an dari kementerian agama RI. Pada makna ISTAWA 'ALAL 'ARSY:
ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ ﴿٢٩ البقرة﴾
Kemudian DIA menuju ke langit lalu menyempurnakanya menjadi tujuh langit.

ُثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَيَطْلُبُهُ حَثِيثًا ﴿٥٤ الأعراف﴾
Kemudian DIA bersemayam diatas 'arsy,DIA menutupkan malam pada siang yang mengikutinya dengan cepat

ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مَا مِنْ شَفِيعٍ إِلَّا مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ ﴿٣ يونس﴾
Kemudian DIA bersemayam diatas 'ARSY untuk mengatur segala hal,tiada yang bisa memberikan pertolongan kecuali setelah dapat iziNYA.

اللَّهُ الَّذِي رَفَعَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَاثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ﴿٢ الرعد﴾
Allah yang meninggikan langit tanpa tiang yang kamu pandang,kemudian DIA bersemayam diatas 'ARSY

الرَّحْمَٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَىٰ ﴿٥ طه﴾
Yang maha pengasih,yang bersemayam diatas 'ARSY.

ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ وَهِيَ دُخَانٌ ﴿١١ فصلت
Kemudian DIA menuju ke langit adapun langit itu berupa awan.

Uas (ustadz abdul somad) dan sehaluanya inkar Allah diatas padahal dia meyakini Allah menguasai Arsy. Adapun Arsy itu diatas.
Uas menyebutkan Allah tanpa arah padahal ﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺸﺮﻕ ﻭﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﻓﺄﻳﻨﻤﺎ ﺗﻮﻟﻮﺍ ﻓﺜﻢ ﻭﺟﻪ ﺍﻟﻠﻪ .
ﺃﺃﻣﻨﺘﻢ ﻣﻦ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺃﻥ ﻳﺨﺴﻒ ﺑﻜﻢ ﺍﻷﺭﺽ ﻓﺈﺫﺍ ﻫﻰ ﺗﻤﻮﺭ .
ﺃﻡ ﺍﻣﻨﺘﻢ ﻣﻦ ﻓﻰ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﺃﻥ ﻳﺮﺳﻞ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺣﺎﺻﺒﺎ .
"Apakah kamu merasa aman dengan Allah yang di langit..." q.s al-mulk. Cari sendiri.

Uas jelas menyelisihi ayat yang sebut Allah diatas ini jelas inkar kehendak Allah.
Uas sebut Allah ada sebelum arsy/sebelum zaman, ini perkataan yang mengada_ada, semenjak kapan Allah sebut ia ciptakan Arsy dan zaman bersamanya.
Uas mengartikan ayat ﻭﻫﻮ ﻣﻌﻜﻢ ﺃﻳﻨﻤﺎ ﻛﻨﺘﻢ "Allah di bumi bersamamu dimanapun engkau" ini rancau ga jelas. Video abis
Disunting · Suka · Tanggapi · Balas ·
Sunting · 5 jam yang lalu
Nur S
Di bumi bagian manakah kita berada pasti Langit itu di atas oleh makhluk bumi,Tidak ada manusia yang merasakan dia berjalan seperti cicak yang merangkak atau bergelantungan kepala dibawah kaki diatas seperti kelelawar.
Bumi yang bulat dan beredar ini semua berada dalam kemiringan baik yang di arab maupun di jawa sama,tapi tak satupun ada orang yang mengatakan langit di bawah.
Namun jika dikatakan bahwa langit itu di atas atau di atas bagian barat/atas bagian timur/atas selatan/atas utara/atas tenggara/atas barat daya/dst, Maka ia ini benar. Benarlah ayat al-Qur'an yang menyebut kalau Allah itu diatas dan di segala arah
.ini sesuai penalaran manusia di muka bumi.
ﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺸﺮﻕ ﻭﺍﻟﻤﻐﺮﺏ
"Timur dan barat itu di kuasai Allah"
ﻓﺄﻳﻨﻤﺎ ﺗﻮﻟﻮﺍ ﻓﺜﻢ ﻭﺟﻪ ﺍﻟﻠﻪ
"kemanapun kau berpaling maka kau temui pandangan Allah".
Ayat ini jelas lagi mengkerdilkan akal orang yang mengatakan "Allah ada tanpa tempat dan tanpa arah"
Saya memikirkan akalnya orang yang model begini ini justeru dia mengosongkan dzat dan sifat Allah (ta'thil).
Pertanyaan yang harus mereka jawab:
-Maksud tempat Allah harus dijelaskan jika mereka menolak istawa 'alal-'arsy ?
- 'arsy dan langit itu yang manakah ?
- ada yang menta'wil ISTAWA (istaula/
menguasai). bagaimana pada surat as-sajdah : ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻯ ﺧﻠﻖ ﺍﻟﺴﻤﺎﻭﺍﺕ ﻭﺍﻷﺭﺽ ﻭﻣﺎ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﻓﻰ ﺳﺘﺔ ﺃﻳﺎﻡ ‏( ﺛﻢ ﺍﺳﺘﻮﻯ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﺮﺵ ...
"Allah yang menciptakan langit-langit dan bumi dan apapun yang ada diantara keduanya dalam masa 6hari *KEMUDIAN IA ISTAWA DIATAS 'ARSY..
kalimat ﺛﻢ itu berfaedah tartib,yakni setelah enam hari Allah kerja keras (seperti makhluk?) Menciptakan bumi LALU DIA bersemayam ( ﺍﺳﺘﻘﺮﺍﺭ / ﺍﺭﺗﻔﺎﻉ ) atau menguasai ﺍﺳﺘﻮﻟﻰ "di atas 'ARSY" lho itu Artinya Allah di atas ARSY.
Faham atau tidak pada point ini ?
-jika demikian uas dan sehaluanya masih bingung dengan perkataan "Allah tanpa tempat dan arah". Padahal IA menyebutkan sendiri kalau Allah itu di ARSY sedang menguasai,sedang apa Allah menguasai ARSY?
-bumi dan seluruh galaxy beredar kecil di bawah ruang angkasa,apakah ruang angkasa itu merupakan tempat dan punya arah atau bukan ?
-Allah lagi di sebutkan terlihat oleh mata ketika hamba berada di surganya,mungki
nkah Allah terlihat oleh seluruh mata makhluk tapi Allah tak berada di suatu ruang,dan di bawah atau di atas pada ketika Dia dapat di lihat ﻭﺟﻮﻩ ﻳﻮﻣﺌﺬ ﻧﺎﺿﺮﺓ . ﺇﻟﻰ ﺭﺑﻬﺎ ﻧﺎﻇﺮﺓ ?
- uas memaknai kursi tempat duduk singgasana bagi Aĺlah secara majaz yang dia umpamakan pimpinan duduk dikursi jabatannya bukan berarti pimpinan itu duduk dikursi.
Ini Analogi mentah lagi dari uas.
Padahal pimpinan itu memang punya kursi kepemimpinan dan istana kepemimpinan selain dia memimpin atau berkuasa.
Takwil acakadul yg tak ilmiyyah dari uas dan seafiliasinya itu tak pantas di percaya.
قول بعض العلماء،والإمام مالك: وأما معناه (استواء) معلوم والكيف غير معقول والإيمان به واجب أى إيمان بأن الله تعالى استواء على العرش.
الله موجود فى جميع الجهات كما يقول سبحانه وتعالى لله المشرق والمغرب فأينما تولوا فثم وجه الله.
ومن يقول : الله موجود منزه عن الجهات فهو من المعطلة.

ﻭﻟﻜﻞ ﻭﺟﻬﺔ ﻫﻮﺍ ﻣﻮﻟﻴﻬﺎ ﻓﺎﺳﺘﺒﻘﻮﺍ ﺍﻟﺨﻴﺮﺍﺕ أﻳﻦ ﻣﺎ
ﺗﻜﻮﻧﻮﺍ ﻳﺄﺕ ﺑﻜﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺟﻤﻴﻌﺎ ...
 Q.S 2. 148.
نعم،أنا موافق بفتاوى ابن تيمية فى اثبات صفات  الله تعالى.

لا يحتاج تأويل استواء الله على عرشه لظهر الخطأ فيه. وقد قال الله عز وجل : فأما الذين فى قلوبهم زيغ فيتبعون ما تشابه منه ابتغاء الفتنة وابتغاء تاويله ومايعلم تأويله إلا الله ،والراسخون فى العلم  يقولون آمنا به
كل من عند ربنا...

 وكثرة آيات استواء الله على العرش وهو فى السماء فوجب على المؤمن أن يفوض معنى الاستواء لله الأعلم.

Nur s

Tidak ada komentar:

info salamtime

SIAPAKAH AHLUS-SUNNAH WAL-JAMA'AH ?

Benarkah AHLUS-SUNNAH WAL-JAMA'AH itu asy'ariyyah?  Saya akan jawab persoalan yang terus menipu orang online maupun orang offline...